H Macam-Macam Hardware Komputer yang wajib kita tau - FUJITORASOFT

Macam-Macam Hardware Komputer yang wajib kita tau


Macam-Macam Hardware Komputer yang wajib kita tau Watching Videos


Assalamualaikum wr.wb , selamat malam agan-agan ^_^ kali ini saya akan membahas tentang Perkembangan Hardware dari tahun ke tahun dan tentunya saja komputer juga tidak lepas dari kehidupan sehari-hari di era modern ini. Hardware dikenal sebagai komponen-komponen penting komputer yang mempunyai fungsi berbeda-beda setiap komponennya , komponen-komponen komputer dibagi menjadi 2 fungsi yaitu input dan output . Penasaran apa saja komponen-komponen tersebut?





1.Motherboard


Motherboard merupakan papan sirkuit yang terbuat dari bahan plastik/fiber berlapis jalur tembaga yang mengandung banyak chip-chip dan komponen elektronika lainnya dengan susunun yang sangat rumit. Pada setiap jenis motherboard terdapat slot ekspansi sebagai tempat menancapnya card-card perantara untuk hubungan luar. Pada slot inilah terdapat jalur data (bus) yang menjadi jalan tol untuk berkomunikasi dengan peralatan lain.Walaupun mempunyai komponen yang mirip satu sama lain, setiap pabrik pembuat motherboard mempunyai cara tersendiri untuk tata letak komponen. Di dalam motherboard terdapat chip BIOS (Basic Input Output System) ,beberapa slot memory-bank, soket CPU atau dibaut pada rangka kotak/casing unit PC bagian dalam. Dan kini motherboard berkembang dari generasi ke generasi  yaitu terbagi menjadi beberapa tipe dari era sebelumnya hingga sekarang.
  • Type 945 
  • Type G31
  • Type G41
  • Type H61
  • Type H81
2.Processor


Merupakan otak dari unit PC , karena semua proses perhitungan dan logika lainnya terpusat disini. Terdapat berbagai jenis dan generasi processor, berkembang terus sejalan dengan kemajuan zaman. Ketika IBM PC pertama kali dikenalkan, kecepatan clock, kapasitas memori dan penyimpanan masih sangat terbatas. Keadaan ini berubah saat muncul IBM XT (komputer yang sudah menggunakan media hardisk). Lalu muncul PC sejenis yang merupakan tiruan atau clone dari IBM XT, selanjutnya populer dengan nama IBM-Compatible. PC jenis ini yang sampai sekarang banyak kita gunakan.
Intel, yang merupakan pemasok utama processor bagi komputer produksi IBM, mengembangkan chip 8088 yang merupakan jantung utama IBM XT. Selain Intel, terdapat Cryix Corp dan Advanced Micro Devices (AMD), Intel melakukan beberapa pengembangan dari chip 8008, yait 8086, 80C86,80x86 sampai generasi Pentium.

3.RAM (Random Access Memory)

Bentuk fisik RAM ada dua macam. Bentuk yang pertama sebagaimana halnya dengan ROM, adalah bentuk DIP (Dual In-line Package) terutama pada komputer produk lama. Ukurannya relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan chip-chip ROM. Sedangkan bentuk kedua yang sekarang lebih populer adalah yang disebut dengan SIMM (Single in-line Memory Module). Bentuk ini sangat berbeda dengan bentuk DIP karena lebih merupakan miniatur sebuah PCB (Printed Circuit Board) yang ada permukaannya terpasang beberapa chip ukuran miniatur juga sedangkan kaki-kaki hanya sebatas berderet.

Pada komputer generasi pertama, chip RAM diletakkan permanen pada motherboard dengan cara disolder langsung.Kelebihan cara pemasangan model ini kontak elektronis akan lebih terjamin serta terhindar dari kemungkinan terjadinya bad contact. Perkembangan teknologi melahirkan bentuk lain yang lebih efisien, yaitu SIMM (Single in-line Memory Module) dan DIMM (Dual in-line Memory Module). Modul memori ini berupa papan rangkaian kecil berisi chip-chip yang tersolder rapi dengan kapasitas tertentu.Bila ingin menambah atau mengurangi jumlah memori, tinggal menancapkan atau mencabut dari socketnya yang terdapat pada motherboard.

Beberapa type RAM yang umum digunakan mulai dari era sebelumnya hingga masa kini :
  • DDR1
  • DDR2
  • DDR3
  • DDR4
4.Hardisk / Storage



Harddisk dibagi menjadi 2 yaitu hardisk internal dan eksternal merupakan salah satu media penyimpanan permanen. Kemampuan penyimpanan data sampai puluhan ribu kali lebih banyak dari pada floopy disk dan akses baca tulisnya lebih cepat. Teknologi penggerak hard disk (internel/eksternal) hampir sama dengan penggerak disket (floopy disk) , keduanya sama-sama menggunakan teknik perekaman data magnetis di atas permukaan oksida logam. Beroperasi menggunakan media berbentuk piringan yang diputar dengan kecepatan tertentu, penulisan dan pembacaan data dilakukan oleh head baca-tulis yang bergerak maju mundur untuk menempatkan diri pada posisi track yang dikehendaki guna melakukan pembacaan atau penulisan pada sector tertentu.

5.Drive CD/DVD




Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk menyimpan data dari kaset dalam bentuk CD ke data penyimpanan storage komputer (Hardisk) dan berfungsi juga sebagai media untuk mem - burning atau membakar istilahnya mengcopy data dari storage ke dalam bentuk kaset CD .

6.Mouse



Mouse hanya digunakan sebagai alat penunjuk (pointer)

7.Keyboard



Keyboard adalah peralatan input pada komputer. Keyboard lebih banyak digunakan untuk mengetik atau memasukkan data karakter , angka dan simbol. Keyboard berbentuk papan ketik yang berguna untuk media masukan data, memberi perintah (command) melalui instruksi yang kita ketikkan. Secara umum jumlah tombol keyoard berjumlah 101/102 key.

8.Monitor 



Merupakan peralatan output, berfungsi untuk memberikan ke-mudahan bagi pemakai komputer dalam memonitor pekerjaanya di layar tampilan, Secara teknis, konstruksi sebuah monitor mirip dengan televisi. 

9.Video Card


Video Card berfungsi menyimpan informasi atau data yang mengatur tampilan monitor. Komponen ini berpengaruh pada kemampuan komputer dalam mengolah aplikasi grafik, misalnya pada kecepatan penampilan animasi grafis, jumlah warna yang bisa ditampilkan dan resolusi gambar yang dihasilkan.
Beberapa jenis Video Card :
  • CGA ( Color Graphic Adapter); hanya dapat menampilkan satu macam kombinasi warna(maksimal 16 warna)
  • EGA (Enhanced Graphic Adapter); dapat menampilkan 16 macam kobinasi warna (maksimal 64 warna).
  • VGA (Video Graphic Adapter); dapat menampilkan banyak warna (maksimal 16 juta warna).Jumlah warna yang ditampilkan tergantung dari besarnya memori VGA.
  • SVGA (Super VGA); kemampuan penampilan banyak warna dan resolusi tinggi

10. Printer



Printer adalah hardware yang digunakan untuk mencetak hasil proses dari komputer pada kertas atau media lain. Peralatan ini dipasang an berhubungan dengan interface I/O (biasanya port paralel / LPT-1)
Beberapa jenis printer :

  • Dot Matrix, printer jenis ini membentuk suatu karakter atau grafis berdasarkan garis-garis yang dibentuk oleh deretan titik [dot]. Ciri khasnya adalah suara mekaniknya yang keras dan kemampuannya mencetak rangkap dengan karbon.
  • Ink Jet, printer ini membuat hasil cetakan melalui penyemprotan tinta.Keunggulan dari printer ini adalah hasil yang lebih baik dan harganya relatif murah, bahkan mampu mencetak warna.
  • Laser Jet, printer ini memiliki kualitas cetak yang halus, cepat dan rapi, tetapi harganya cukup mahal.


Sekian dulu artikel yang saya share , terima kasih dan semoga bermanfaat.









Download MOD

Download MOD Via Vidmate Macam-Macam Hardware Komputer yang wajib kita tau (Direct Link MOD)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Hardware Komputer yang wajib kita tau"

Post a Comment